Jumat, 14 September 2012

Gubernur Lepas Kloter Haji Jabar

TAUSYIAH. Kang Aher lepas kloter haji Jabar

BANDUNG - Seakan sudah biasa terjadi, selalu ada kecacatan dalam penyelenggaraan Haji Indonesia. Masyarakat biasanya terlanjur melempar stigma negatif. Namun disi lain, patut juga kita mengapresiasi banyak pihak yang terus berupaya memperbaiki pelayanan penyelenggaraan haji.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementrian Agama Jabar, Drs. H. Saeroji, MM (14/9) pada Pelepasan petugas penyelenggara haji 1433 H. Bertempat di Aula PUSDAI Bandung, acara tersebut dihadiri oleh sekitar 500 orang petugas yang telah lolos penyelenggaraan seleksi sejak Juni 2012. Dari keterangan Kanwil Kemenag Jabar,  jumlah tersbut tersebar pada Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI), Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI), Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI), Tim Pembimbing Haji Daerah (TPHD) yang akan memandu dan malayani 37.366 orang jamaah asal Jabar.

H. Saeroji juga berpesan, agar petugas tidak menyia-nyiakan kesempatan, sebab dana yang diperuntukkan bagi pembiayaan pemberangkatan mereka diambil dari APBN. Menanggapi hal yang senada, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan yang hadir pada kesempatan itu juga menimpal. "Kalau jamaah lain dengan memenuhi rukun dan wajib haji, telah selesai dan insyaAllah Mabrur, tapi untuk petugas ada satu syarat lagi. Petugas mesti juga menjalankan amanahnya sebagai pelayan haji dengan baik. Jika itu terpenuhi, insyaAllah hajinya mabrur." ujarnya,


Pengurangan Kuota Jabar

Kepala kanwil, H. Saeroji jugamenjelaskan bahwa Jabar terancam kehilangan satu kuota. Hal itu disebabkan adanya keterlembatan pelunasan dari beberapa jamaah. Selain itu, sebab lainnya adalah karena adanya mutasi jamaah sehingga beralih embarkasi. "Ada sekitar 450 kursi yang kosong."

Gubernur yang biasa disapa akrab kang AHER, menjamin 450 kursi itu tak kan berpundah ke kuota provinsi lain. "Saya akan tulis surat langsung pada Menteri Agama, meminta agar kekosongan tersebut tetap bisa diisi oleh Jamaah yang masih mengantri di Jabar."


Jabar terbaik dalam Penyelenggaraan Haji

"Kalau ada lomba penyelenggaraan Haji saya sangat yakin Jabar pasti akan menang. Inilah yang membanggakan saya sampai sekarangujar kang AHER. Ia juga menyampaikan bahwa secara umum, penyelenggaraan haji di Indonesia sungguh sangat baik. Buktinya, pujian tersebut biasa ia dengar dari kolega dan jemaah haji dari luar Indonesia. "Jamaah Haji Indonesia paling mudah diatur", tambahnya lagi. 

Ia juga berpesan agar baik petugas dan jamaah, lebih disiplin dan sungguh-sungguh melaksanakan ibadah dan amanahnya di Tanah Suci.


"Innocence of Muslims"

Beredarnya film pendek yang beredar di Youtube, telah memicu demo besar-besaran di berbagai belahan bumi muslim. Dalam video berjudul "Innocence of Muslims" ini, nampak seorang aktor yang memerankan Nabi Muhammad lantas melakukan hal-hal yang menghina Islam.

Menanggapi hal ini, kang AHER dengan tegas mengatakan "Saya Menentang!!". "Sangat salah seseorang bila agamanya dilecehkan lantas tak merasakan apapun. Hal-hal yang mencederai seperti ini mesti dihentikan. Memang siapapapun bebas berekspresi, namun kebebasan tersebut juga jangan sampai mencederai hak dan kehormatan", tuturnya.

Pernyataan yang sama juga ia sampaikan di hadapan ribuan Jamaah Shalat Jumat di mesjid PUSDAI Bandung. (Roni/Khan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Laman